urutan | Bagiannya | Keterangan |
A. | Standar Kompetensi | Mendengarkan: 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung/tidak langsung. |
B. | Kompetensi Dasar | Mengidentifikasi
unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara
langsung/rekaman. |
C. | Indikator |
a.
Kognitif
a)
Proses
Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik
yang ada di dalam cerpen
b)
Produk
Menentukan unsur intrinsik yang ada
di dalam cerpen
Menjelaskan maksud unsur intrinsik
cerpen
b.
Psikomotor
Menyampaikan unsur-unsur intrinsik
yang telah ditemukan di dalam cerpen.
Menanggapi penjelasan tentang
unsur-unsur yang ditemukan oleh teman
c.
Afektif
a)
Karakter
b)
Kerja sama
c)
Teliti
d)
Tanggap
Keterampilan sosialMenyampaikan hasil diskusi dengan baik dan benar Membantu teman yang mengalami kesulitan. |
C. | Tujuan Pembelajaran |
a.
Kognitif
a)
Proses
Setelah membaca cerpen yang disajikan, siswa diharapkan mampu menemukan unsur-unsur intrinsik yang terdapat di dalam cerpen
b)
Produk
Setelah membaca dan membahas hasil pencapaian tujuan proses di atas, siswa diharapkan mampu menuliskan kembali unsur-unsur intrinsik yang telah ditemukan.
b.
Psikomotor
Secara berkelompok siswa dapat menyampaikan unsur intrinsik cerpen yang disediakan dalam LKS 1: psikomotor.
c.
Afektif
a)
Karakter
Keterampilan sosialSiswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperhatikan kemajuan dalam perilaku seperti kerja sama, teliti dan tanggap. Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam kerampilan menyampaikan hasil diskusi dengan bahasa yang baik dan benar, bekerja sama dalam kelompoknya, dan membantu teman yang mengalami kesulitan. |
D. | Materi Pembelajaran | Teks pembelajaran |
E. | Model dan Metode Pembelajaran |
Model pembelajaran : pembelajaran langsung (eksplisit)
Metode pembelajaran :
a.
Diskusi
b.
Unjuk kerja
Penugasan |
F. | Bahan |
a.
Lembar kerja
Spidol |
G. | Alat | Teks Cerita Pendek |
H. | Skenario Pembelajaran |
No
Kegiatan Penilaian Pengamat
1
2
3
4 |
pertama | Pertemuan 1 |
a.
Kegiatan awal (10 menit)
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan
menanyakan keadaan siswa yang tidak hadir.
Guru memberi motivasi kepada siswa. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. Guru melakukan apersepsi dengan bertanya mengenai pengetahuan siswa tentang unsur intrinsik yang terdapat dalam karya sastra
b.
Kegiatan inti (25 menit)
Siswa membentuk kelompok antara 4-5 orang per kelompok. Guru memberi penjelasan tentang kinerja yang akan dilakukan siswa pada saat menyimak cerita yang akan disampaikan. Siswa mendengarkan/menyimak cerita pendek yang sudah disediakan oleh guru, yang akan dibacakan oleh teman secara bergantian. Secara berkelompok siswa berdiskusi mengenai unsur intrinsik di dalam cerpen kemudian mengidentifikasi dan menuliskan unsur intrinsik yang terdapat di dalam cerpen. Setiap kelompok menunjuk salah satu anggotanya untuk menyampaikan secara lisan hasil diskusi secara runtut dan jelas di depan kelas. Siswa bertanya jawab/menanggapi informasi yang didengar/disimak dengan bahasa dan alasan yang rasional dan logis. Guru dan siswa melakukan refleksi tentang pembelajaran hari ini. Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini. Guru memberi tugas kepada siswa kemudian pembelajaran ditutup dengan salam. |
I. | Sumber Pembelajaran | Buku: Bahasa dan Sastra Indonesia untuk |
J. | Evaluasi dan Penilaian |
Tugas Individu: Menggunakan LKS
Jenis Tagihan Penilaian: LKS 1 dan
LP
Bentuk Instrumen Penilaian:
a.
Uraian Bebas
b. Jawaban Singkat
|
Sabtu, 02 Juni 2012
RPP SMA KARTIKA KELAS X SEMESTER 1
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar